Suzuki Ignis vs Calya - Sigra: Pilih yang mana?


Pasar mobil "terjangkau" jadi bertambah banyak di Indonesia, setelah Suzuki Indonesia memperkenalkan mobil perkotaan anyar yang mereka sebut Suzuki Ignis. Dari segi harga, Ignis bisa dibilang head to head dengan mobil LCGC seperti calya, sigra dan Brio Satya. Padahal statusnya sendiri bukan mobil LCGC. Mungkin lebih tepat kalau head to headnya dengan Daihatus sirion, Honda brio atau Kia Picanto ya? karena memang dari segi ukuran mobil ini hanya bisa diisi oleh 4 hingga 5 orang. Lantas harus pilih mana? jujur ini pilihan sulit, karena kalau lihat nama merek atau brand, kebanyakan orang indonesia masih Toyota-minded, dalam hal ini, calya bakal tetap jadi favorit, belum lagi calya-sigra bisa diisi sampai 7 orang. Tapi melihat spesifikasi yang coba ditawarkan oleg suzuki, plus desain yang cukup berbeda dari merek yang sudah ada, plus penampakan interiornya yang cukup "catchy", Ignis bakal jadi pilihan. Belum lagi ada orang yang memang suka tampil beda, tidak mau sama seperti orang kebanyakan, yang memang pilihannya kalau tidak toyota ya daihatsu, padahal mereka kan induknya sama, namanya saja yang beda.


Baca Juga: Kekurangan Daihatsu Sigra
Dari segi kenyamanan, jujur mimin lebih prefer ke Ignis. Lihat saja joknya yang lebih tebal, lebih berkualitas dibandingkan calya sigra, bisa di adjust sedemikian rupa, jelas ignis unggul. Kemarin waktu peluncuran sempat duduk didalam kabinnya, rasanya sangat lega, tapi belum sempat test drive  karena tiba telat di tempat acara (Padahal udah mupeng pengen test drive, ayok suzuki invite saya :)).


Untuk konsumsi BBM, sepertinya Suzuki Ignis juga lebih unggul dibandingkan toyota calya, pertama dari ukuran bodinya ignis lebig kecil, otomatis konsumsinya jadi lebih sedikit dibandingkan toyota yang memang lebih bongsor, padahal mereka sama-sama pakai mesin 1200 cc (dengan teknologi berbeda tentunya).



Belum ada kabar apakah ignis boleh menggunakan premium atau pertalite, tapi semoga saja ignis bisa pakai pertalite, jadinya kan lebih lebih irit pengeluaran BBM nya kan? 
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya

No comments

Powered by Blogger.