Toyota Calya Vs Datsun Go Plus, Pilih Mana?


Setelah sebelumnya kita bandingkan head to head kedua kembaran Calya vs Sigra (Baca: Daihatsu Sigra Vs Toyota Calya, Pilih mana?), kini kita bandingkan antara Toyata Calya dengan pemain LCGC yang cukup merajai di kelas 7 seater, apalagi kalau bukan Datsun Go Plus.

Untuk membandingkan keduan mobil ini, pertama kita lihat persamaan antara keduanya, kemudian baru perbedaan antara Datsun Go plus dan Toyota Calya, terakhir baru kita ambil kesimpulan, mana yang layak untuk dipilih, mana yang cocok untuk dibeli. Langsung saja, kita lihat persamaan antara kedua mobil ini.

5 Persamaan antara Toyota Calya Vs Datsun Go Plus

1. Keduanya masuk LCGC: ya, keduan sama-sama masuk kategori mobil murah, meski sebenarnya harganya sudah tidak murah-murah amat, apalagi punya Calya yang harganya sudah sampai 150 juta rupiah. Atau mungkin bisa dibilang keduanya masuk kategori mobil irit? Kita tunggu saja uji head to head nya.

2. Keduan punya 7 seater: ya, ini yang membuat perbandingan keduanya sangat menarik, karena selama ini hanya mereka yang mampu memuat hingga 7 penumpang, walau dalam hal ini Calya lebih unggul karena mereka mengaku benar-benar untuk 7 penumpang dewasa, sedangkan datsun hanya bisa diduduki oleh dua anak kecil di kursi paling belakangnya.

3. Keduanya punya mesin 1200 cc: Kedua mobil ini juga punya mesin 1200 cc, walaupun tenaga yang dihasilkan oleh masing-masing mesinnya beda tipis.

4. Keduanya punya space yang cukup luas: ini juga keunggulan dua mobil ini (plus sigra tentunya), karena mereka punya space yang cukup besar. Kalau Suzuki Wagon R sebenarnya cukup lega, namun dia hanya bisa diduduki oleh maksimal lima orang saja.

5. Keduanya punya beberapa varian berbeda: Iya, mulai dari yang paling murah dengan spesifikasi seadanya, hingga yang cukup lengkap untuk ukuran LCGC. Bedanya Calya punya yang versi matic, sedangkan Datsun go masih semuanya manual.


5. Perbedaan antara Toyota Calya Vs Datsun Go Plus
1. Beda Merek: Pastilah, yang satunya Toyata, satunya lagi Datsun. Tapi harus diingat kalau keduanya berasal dari jepang lho, disini mereka hanya rakit dan jualan, sedangkan merek masih dipegang si Jepang.

2. Beda Spesifikasi: karena punya beberapa varian berbeda, spesifikasi yang mereka punya juga berbeda. Tapi kalau dilihat head to head, kepunyaan calya sepertinya lebih unggul. Jadi tidak heran harganya juga lebih mahal.
3. Beda Tenaga: memang keduanya mengaku menggunakan mesin 1200 cc di semua tipe yang mereka jual sekarang, tapi bukan tidak mungkin kedepan akan ada mesin yang lain? Yang pasti tenaga mesin Datsun berbeda dengan Mesin Toyota. Berapa Jauh bedanya? Tunggu saja updatenya XXX

4. Beda Tampilan Interior dan Exterior: kalau dilihat sekilah, interior Calya juga lebih keren, lebih mewah dan lebih lengkap dibandingkan dengan kepunyaan Datsun, jadinya tidak heran jika harga calya juga lebih mahal dibandingkan Datsn.

5. Beda Pengalaman Mengendara, Terakhir, feeling saat membawa mobil ini juga bisa dipastikan berbeda, bisa karena tenaga di mesinnya, cara pabrikan membuat body dan meredam suara mesin, dan tentunya posisi mengendarai. Tapi kalau ini saya tidak mau komen lebih lanjut, karena memang belum pernah coba keduanya sekaligus.



Nah, jadi sekarang pilih mana antara Toyota Calya dan Datsun Go Plus?

Datsun go plus
1. relatif lebih murah dibandingkan dengan Calya
2. sudah banyak beredar di pasaran, gak harus nunggu, cari yang second juga banyak yang jual
3. sudah teruji kemampuannya, sudah banyak pula yang pakai, jadinya gak harus khawatir dengan suku cadang.

Toyota Calya
1. Jauh lebih mahal dibandingkan Datsun Go plus
2. Punya spesifikasi yang lebih lengkap, bahkan punya tipe Matic
3. brand nya terkenal, belum lagi mobil ini menggunakan mesin yang sebelumnya digunakan di etion valco, jadi pastinya juga sudah teruji.
4. masih harus nunggu lama ada di dealer, apalagi kalau mau cari second, musti nunggu lebih lama lagi.


No comments

Powered by Blogger.