Toyota Calya Vs Honda Brio Satya, Bagus Mana?

sigra

Kalau harus memilih antara kedua mobil keluaran baru astra motor, Toyota Calya vs Daihatsu Sigra, mungkin pilihannya lebih gampang, karena memang mereka adalah produk yang sama, dari indukan yang sama, Cuma dibersarkan oleh orang tua yang berbeda. Keduanya nyaris sama, kecuali Sigra yang lebih banyak pilihan mesin dan tipenya. Jadi kalau harus memilih antara kedua mobil ini, jawabannya tergantung dari selera merek anda, kalua pengen merek yang sangat terkenal, pilihannya ya Toyota, tapi kalua cukup merek yang terkenal, tapi mesinnya dan harganya lebih murah, pilihannya tentu sigra. Tapi bagaimana kalua harus memilih antara Toyota dengan honda, dalam hal ini calya vs brio satya? Pasti ini termasuk pilihan yang cukup sulit, tapi bukan berarti tidak bisa memilih bukan? Berikut pembahasan singkatnya.


Hal yang cukup membuat kita bingung ketika harus memilih antara kedua merek ini tentu merek itu sendiri. Toyota ada dimana-mana, oomatis suku cadangnya juga ada dimana-mana. Sebaliknya Honda sedang menunjukkan jati dirinya di negeri ini. Akhir akhir ini mereka banyak mengeluarkan produk yang bisa dibilang langsung head to head dengan Toyota. Avanza yang dulu melenggang sendirian, kini mulai diambil pasanya sama Mobilio atau BRV. Dikelas innova, honda juga punya CRV dan yang sejenisnya. Di kelas mobil murah, Agya yang duluan keluar sempat merajalela, kini penjualannya sudah dikalahkan oleh brio satya, meski honda menjualnya dengan harga yang kebih tinggi, tapi tetap saja orang mengicarnya, meninggalkan ayla – agya. Nah, pertanyaan selanjutnya, apa yang membuat orang kini mulai beralih ke honda? Meninggalkan Toyota yang katanya yang mengaku sebagai mobil sejuta ummat?

Menurut hemat kami, setidaknya ada tiga alasan utama  kenapa orang lebih memilih honda dibandingkan Toyota, dalam hal ini satya vs agya. Pertama tentu soal irit. Banyak tes menunjukkan kalua konsumsi BBM honda brio satya jauh lebih irit dibandingkan agya nya Toyota. Mungkin selisihnya kecil, dan sangat tergantung dengan cara kita mengemudi, tapi tetap saja unsur irit cukup menentukan.

Hal kedua yang membuat orang berpaling ke honda adalah soal kenyamanan. Banyak yang mengaku dulunya pakai Toyota, tapi saat beralih ke honda, sudah susah untuk balik lagi ke Toyota. Ya memang honda mendesai mobilnya untuk nyaman dikendarai. Yang pernah coba keduanya pasti bisa membedakan sensasi membawa honda dan Toyota, untuk kelas yang sama.

Terakhir mungkin karena mereknya, banyak yang ngaku kalua udah banyak kali yang pakai, jadinya ill feel kalua pakai gitu juga “kalau lihat di jalan, dimana-mana Toyota, kalau beli Toyota lagi, apa bedanya sama tetangga”, begitu ngaku seorang kawan yang akhirnya milih pakai honda.
Tapi pilihan diatas bukan taka da minusnya. Kalau Toyota ada dimana-mana, otomatis suku cadangnya juga lebih mudah tersedua. Suku cadang yang tersedia juga cukup bervariasi, mulai dari yang ori hingga yang KW. Sebaliknya honda hanya punya suku cadang yang asli, jadinya tidak heran kalau suku cadang honda cukup mahal.

Nah, sekarang calya sudah didepan mata. Melihat spesifikasi yang dimiliki, bisa dibilang mengalahkan honda brio satya yang sama-sama di kelas LCGC. Pertama calya unggul di jumlah mauatan, bisa muat 7 orang an kabinnya cukup lega, sebaliknya brio satya hanya muat 5. Kemudia cc mesin sama besarnya. Sama-sama 1200 cc. belum lagi beberapa spesifikasi lain yang kini disematkan di calya, membuat dia unggul dibandingkan brio satya. Mungkin dua hal yang bakal menjadi pertanyaan untuk mobil ini, yaitu soal keiritan, dan kenyamanan berkendara. Kalau kedua hal ini bisa dipenuhi, bukan tak mungkin, mereka yang sempat ingin meminang brio satya, akan mengalihkan pilihannya kembali ke calya atau sigra. Bagaimana dengan anda? Bingung ya? Saya juga juga :)

4 comments:

  1. Kita sudah pesan 1 Calya merah. Karena muat banyak, anak kita kan banyak.... Ha ha ha ha

    ReplyDelete
  2. Senang membaca artikelmu tentang sales mobil baru, kalau ingin promosi di portal sales mobil kemungkinan penjualan mobilmu akan mengalami peningkatan.

    Jika kamu ada pertanyaan seputar mobil baru, silahkan bertanya. Kami akan respon secepat mungkin

    ReplyDelete

Powered by Blogger.