7 Kelebihan Daihatsu Sigra


Kelebihan Daihatsu Sigra

Jika sebelumnya saya sudah menulis kelebihan dan kekurangan Daihatsui Sigra dan Toyota Calya secara umum, dan membahas 9 kelebihan atau keunggulan Toyota Calya secara Khusus, sekarang saya akan memebahas 7 Kelebihan Daihatsu Sigra.

1. Mesin powerfull

Tidak seperti Calya yang menyediakan mesin minimal 1200 cc, Sigra masih menyediakan mesin 1000 cc untuk varian yang termurah. Mesin 3 silinder ini sebelumnya sudah dipakai sama kakak kandungnya Ayla dan Xenia. Namun pada varian yang lebih tinggi, Sigra dilengkapi dengan mesin 1200 cc empat silinder, yang terbukti powerfull, irit dan senyap. Nah, dengan mesin ini, bising mesin dalam kabin pasti sudah sangat minimal.


2. Kabin lebih lega
Sama seperti Calya, Kabin Sigra juga jauh lebih luas dibandingkan kompetitornya Datsun Go Plus atau kakaknya Ayla, meskipun kabin ini dikembangkan dari ayla. Dengan muatan hingga 7 orang penumpang, dipastikan mobil ini bakal dilirik oleh orang indonesia yang memang gemar jalan-jalan bersama keluarga besar.

3. Suku Cadang Melimpah
meski merek Daihatsu belum sebesar merek Toyota, tapi semua orang juga tahu kalau keduanya berada dibawa Astra Internasional, dan semua juga tahu kalau avanza, rush dan calya juga dibuat oleh Astra Daihatsu, mereka hanya beda merek dengan induk yang sama, Astra Internasional. Dengan beberapa pabrik yang ada di Indonesia, dan banyaknya mobil yang dijual di negeri ini, kita sama sekali tak perlu khawatir dengan suku cadang pabrikan Daihatsu ini. Beda ceritanya kalau beli mobil Eropa, Amerika atau Korea, yang umumnya mengimport mobilnya secara CBU. Kita hanya jadi pasar, sedangkan pabrik nya di negara lain, jadinya suku cadangnya juga bisa saja susah untuk dicari.

4.Irit
Nah, unsur irit adalah kata kunci dari mobil LCGC di Indonesia. Tahu sendiri kan kalau harga BBM suka naik turun, belum lagi mobil LCGC wajib pakai BBM yang beroktan 92 seperti pertamax. Bagaimana kalau Calya atau Sigra dipakai Pertalite? Wah sudah tak sesuai dengan sepsifikasi mesin dan pastinya tak akan seirit pertamax. Apalagi kalau pakai premium, sangat tidak dianjurkan pokoknya. Kalaupunya gak sanggup pertamax, minimal pertalite lah, hitung-hitung membantu negara dengan tidak minum minya subsidi yang memang diperuntukkan buat mereka yang kurang mampu (maksud kurang mampu gimana ya? Mobil sanggup beli, BBM nya gak sanggup dan pakai yang subsidi? Hello...)

5. Fitur Cukup Lengkap
Untuk varian tinggi, mulai tipe x keatas, fitur yang disediakan di sigra sudah cukup lengkap, mempertimbangkan harga jual yang juga cukup terjangkau. Di tipe tertinggi, mobilnya sudah dilengkapi dengan power window, rem dengan tekonologi ABS, dual Airbag, sensor parkir, dan lain lain. Jadi ya cukup sesuailah dengan mahar yang kita bawa untuk melamar si mobil Sigra ini.

6. Unsur Safety Yang Lebih Baik
Keamanan dalam berkendara adalah hal wajib yang harus terus di improve oleh produsen mobil di Indonesia. Kita tahu banyak sekali orang yang meninggal saat kecelakaan yang sebenarnya bisa dicegah kalau mobilnya dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memadai. Pada tipe-tipe tinggi, sigra sudah dilengkapi dengan dual airbag. Sedangkan hasil uji tabrak mobil ini belum ada laporannya, kita tunggu saja. Semoga saja nanti hasilnya cukup bangus untuk melindungi penumpang didalamnya.

7. Harga lebih Terjangkau

 Hal terkahir yang sangat penting saat kita mau beli mobil baru tentntunya harganya yang terjangkau. Karena memang masuk dalam kategori LCGC, harga barunya pasti cukup terjangkau. Namun harga yang paling murah adanya pasti yang OTR di Jakarta. Sedangkan di kota kota besar lain seperti Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Malang apalagi ke Merauke, harganya pasti lebih mahal karena memang kita juga harus menanggung ongkos angkutnya. Selama ini, harga mobil di jakarta dengan Banda Aceh bisa beda 10 hingga 20 juta, lumayan kan duitnya tuh? Jadinya kita yang jauh dari Jakarta selalu kebagian barang mahal ya?

6 comments:

Powered by Blogger.